PENDAMPINGAN PROGRAM PENCEGAHAN KEKERASAN ANAK DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Khoirunnisaa, Ariij Faatin (2019) PENDAMPINGAN PROGRAM PENCEGAHAN KEKERASAN ANAK DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ariij faatin khoirunnisaa_15102241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Program yang dikembangkan untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul, (2) Pendampingan program pencegahan kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengurus DP3AKBPM&D atau pendamping program, fasilitator program, dan kelompok sasaran program pencegahan kekerasan anak. Setting penelitian ini berlokasi di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Program pencegahan kekerasan terhadap anak dikembangkan melalui program PATBM dan Forum Anak, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) Pendampingan program pencegahan kekerasan terhadap anak dilaksanakan dengan konsolidasi atau rapat koordinasi, kunjungan lapangan, workshop dan pelatihan. Metode pendampingan yang digunakan yaitu melalui pembelajaran, konsultasi, dan konseling kepada kelompok sasaran program PATBM dan Forum Anak. Hasil dari pendampingan ini yaitu, meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pencegahan kekerasan anak sehingga keberadaan program tersebut dapat menekan angka kekerasan anak. Selain itu, pendampingan program juga mampu membangun kedekatan dan kepercayaan bersama sehingga program PATBM dan Forum Anak tetap berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Program Pencegahan Kekerasan Anak, DP3AKBPM&D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:53
Last Modified: 15 Dec 2022 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75707

Actions (login required)

View Item View Item