STRATEGI KADER DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA DI POSYANDU LANSIA NGUDI WARAS KAMPUNG TEJOKUSUMAN NOTOPRAJAN NGAMPILAN YOGYAKARTA

Afifarachma, Shinta Nur (2019) STRATEGI KADER DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA DI POSYANDU LANSIA NGUDI WARAS KAMPUNG TEJOKUSUMAN NOTOPRAJAN NGAMPILAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_shinta nur afifarachma_15102244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi kader dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di Posyandu Lansia Ngudi Waras, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kader dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di Posyandu Lansia Ngudi Waras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kader atau pengelola Posyandu Lansia Ngudi Waras, lansia, dan masayarakat. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi kader dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia yaitu kader berupaya dengan terpenuhinya 3 indikator kesejahteraan sosial lansia yaitu kebutuhan fisik: pemberian pemberian makanan tambahan (PMT), senam, serta pemeriksaan kesehatan. Kebutuhan psikologis: motivasi, penyuluhan ataupun sosialisasi, berbagi pengalaman, kunjungan wisata. Kebutuhan sosial: silaturahmi dengan strategi yang berbeda-beda disetiap upaya pemenuhan kebutuhan (2) faktor pendukung dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia adalah sumber daya manusia, dana yang memadai, sarana prasarana yang mencukupi. Faktor penghambatnya yaitu tidak semua lansia dapat meghadiri kegiatan posyandu lansia, tensimeter digital yang tidak akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial, Posyandu Lansia, Strategi Kader.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:26
Last Modified: 15 Dec 2022 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75702

Actions (login required)

View Item View Item