IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS SISWA SD MUHAMMADIYAH NGESTIHARJO SELAMA PANDEMI COVID-19

Safinatunnajah, Khotimah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS SISWA SD MUHAMMADIYAH NGESTIHARJO SELAMA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khotimah Safinatunnajah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas siswa SD Muhammadiyah Ngestiharjo Kabupaten Kulon Progo selama pandemi covid-19. Implementasi dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dara menggunakan teknik analisis Miles & Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PTM terbatas siswa SD Muhammadiyah Ngestiharjo dari aspek perencanaan, sekolah menggunakan RPP satu lembar dan waktu pembelajaran terbatas sehingga materi lebih dipadatkan. Dari aspek evaluasi meliputi dua indikator, pertama upaya yang dilakukan untuk menghadapi kesulitan pelaksanaan PTM terbatas dan kedua, adanya evaluasi dengan pemberian tes kepada siswa yang dilakukan secara daring maupun luring. Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas mulai dilakukan agar kualitas belajar meningkat dan hasil lebih terukur. Pembelajaran ini dinilai sebagai langkah penting untuk menjaga kualitas pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran tatap muka terbatas, pandemi covid-19, RPP satu lembar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:27
Last Modified: 14 Dec 2022 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75693

Actions (login required)

View Item View Item