PERAN ORANG TUADALAM LITERASI AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TPA AL FALAAH MRICAN, D.I.YOGYAKARTA

Nurluthfyani, Refiena (2019) PERAN ORANG TUADALAM LITERASI AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TPA AL FALAAH MRICAN, D.I.YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_refiena nurluthfyani_15102241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran Orang Tua DalamMengenalkan Literasi Al Qur’an Pada Anak Usia Dini di TPA Al Falaah Mrican, D.I.Yogyakarta. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Orang Tua Dalam Mengenalkan Al Qur’an Pada Anak Usia Dini di TPA Al Falaah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu orang tua santri TPA Al Falaah yang berusia dini. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian datam dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Peran Orang Tua dalam Mengenalkan Literasi Al Qur’an Pada Anak Usia Dini di TPA Al Falaah Mrican, D.I.Yogyakarta.a) Menjadi teladan bagi anak dalam proses kegiatan belajar membaca, menulis huruf hijaiyah, dan mengamalkan nilai-nilai keislaman. b) Membimbing dalam belajar membaca, menulis huruf hijaiyah, dan mengamalkan nilai-nilai keislaman. c) Memberikan dukungan secara moril dan materil dalam kegiatan belajar membaca, menulis huruf hijaiyah, dan mengamalkan nilai-nilai keislaman di rumah dan di sekolah. Faktor pendukung dan penghambat yaitu: (a) Adanya waktu luang orang tua untuk mengajarkan. (b) Adanya pembiasaan dari orang tua. (c) Kecerdasan anak yang mudah menerima pelajaran. (d) Kemauan anak yang muncul dengan sendirinya. Sedangkan faktor penghambat orang tua dalam mengenalkan literasi Al Qur’an adalah (a) Kurangnya waktu luang orang tua dalam mengajarkan anak karena ada hal lain yang harus di urus. (b) Suasana hati anak yang mudah berubah. (c) Konsentrasi anak yang masih belum fokus pada saat pembelajaran. (d) Huruf hijaiyah yang sulit untuk dibaca dan ditulis oleh anak sehingga sulit untuk diikuti

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Literasi Al Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:21
Last Modified: 12 Dec 2022 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75670

Actions (login required)

View Item View Item