PENGARUH KINERJA KADER POSYANDU LANSIA TERHADAP PARTISIPASI LANSIA DALAM KEGIATAN POSYANDU LANSIA DI DUSUN NEPEN DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Burhanuddin, Muhammad (2019) PENGARUH KINERJA KADER POSYANDU LANSIA TERHADAP PARTISIPASI LANSIA DALAM KEGIATAN POSYANDU LANSIA DI DUSUN NEPEN DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muhammad burhanuddin_14102244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh positif kinerja kader posyandu lansia terhadap partisipasi lansia dalam kegiatan posyandu lansia di Dusun Nepen Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Nepen Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan pada bulan Maret 2019. Variabel penelitian ini kinerja sebagai variabel bebas, partisiapsi sebagai variabel terikat. Populasi berjumlah 64 orang dan sampel berjumlah 55 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Teknik analisis pengujian hipotesis korelasi dengan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh posiif kinerja kader posyandu lansia terhadap partisipasi lansia dalam kegiatan posyandu lansia dibuktikan dengan hasil nilai thitung= 3,295. Nilai signifikansi diperoleh 0,002. thitung = 3,295 > nilai sig = 0,002.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Lansia, Partisipasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:57
Last Modified: 12 Dec 2022 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75667

Actions (login required)

View Item View Item