PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DI DUSUN BADEGAN, DESA BANTUL, KECAMATAN BANTUL, KABUPATEN BANTUL

Permana, Irvan Aji (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DI DUSUN BADEGAN, DESA BANTUL, KECAMATAN BANTUL, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_irvan aji permana_14102244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : 1) Pelaksanaan Pemberdayaan masyarakakat melalui Bank Sampah Gemah Ripah, 2) Dampak Pemberdayaan masyarakat melalui Bank Sampah Gemah Ripah, 3) faktor pendukung dan pengambat pemberdayaan masyarakat melalui Bank Sampah Gemah Ripah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelelitian adalah pengurus bank sapah gemah ripah dan nasabah bank sampah gemah ripah. Teknik yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan pemberdayaan masayarakat melalui Bank Sampah Gemah Ripah meliputi 4 tahapan yaitu: tahapan sosialisasi, tahapan pelatihan pengelolaan sampah, tahapan pelayanan tabungan sampah dan tahapan pendampingan 2) dampak pemberdayaan masyarakat yang meliputi aspek pendidikan, aspek kesehatan dan aspek ekonomi; (3) faktor pendukung berupa minat masyarkat yang tinggi, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, kekompakan pengurus bank sampah, adanya dukungan pemerintah, dan tambahan penghasilan. Faktor penghambat dalam pemberdayaan masyarakat adalah belum semua masyaaat peduli terhadap lingkungan, masih adanya nasabah yang mencampurkan sampah ketika menabung, jarak rumah nsabah ke bank sampah yang sedikit jauhdan pross penyadaran masyarakat membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, sampah, bank sampah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:16
Last Modified: 12 Dec 2022 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75665

Actions (login required)

View Item View Item