IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA

Astuti, Heni Puji (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_heni puji astuti_16102241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Salma SKB Kota Yogyakarta, (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Salma SKB Kota Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pengelola, pendidik, dan peserta didik Kelompok Bermain Salma. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Salma SKB Kota Yogyakarta dilakukan dengan tiga aspek, yaitu : (a) perencanaan, yaitu pendidik membuat RPPH, pendidik menata alat dan bahan main yang akan digunakan, (b) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan 4 pijakan, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main, (c) evaluasi pembelajaran menggunakan catatan anekdot, narasi deskripsi, portofolio, checklist dan rapot ; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) adalah: (a) Fasilitas APE yang ada sudah cukup lengkap sehingga sangat mendukung proses pembelajaran, (b) Hubungan interaksi yang terjalin antara pendidik dengan orangtua sangat baik, (c) Kurikulumnya sudah terstruktur sehingga memudahkan pendidik dalam membuat RPPM maupun RPPH, sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) ruangan kelas yang diberi sekat sehingga membuat proses pembelajaran kurang nyaman, (b) anak yang terlalu p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT), Kelompok Bermain (KB)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:36
Last Modified: 03 Jan 2023 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75661

Actions (login required)

View Item View Item