IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 4 BENDUNGAN

Sumunaringtyas, Maria (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 4 BENDUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Maria Sumunaringtyas.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada peserta didik kelas II SD Negeri 4 Bendungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan peserta didik kelas II. Objek penelitian ini berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin di SD Negeri 4 Bendungan khususnya pada kelas II. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas II melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilaksanakan melalui RPP, Silabus, Kurikulum Sekolah, dan penekanan pembelajaran pada membaca nyaring, kegiatan dalam kelompok, dan kontekstual. Pelaksanaan melalui kegiatan pembelajaran secara (1) aktif dan komunikatif yaitu melalui tanya jawab, membaca nyaring; (2) guru menanyakan kesanggupan peserta didik untuk mengerjakan PR dan membawa tugas; (3) pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok untuk berdiskusi maupun membuat projek bersama; (4) dan melalui pembelajaran kontekstual. Pelaksanaan melalui pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian, dan keteladanan. Evaluasi implementasi pendidikan karakter menunjukkan bahwa peserta didik kelas II telah menunjukkan karakter yang sesuai dengan indikator tanggung jawab dan disiplin menurut Kemendiknas (2010:25).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik kelas II, karakter tanggung jawab, karakter disiplin
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Sumunaringtyas 18108241151
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:49
Last Modified: 21 Sep 2023 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75646

Actions (login required)

View Item View Item