Hubungan Aktivitas Fisik dan Status Gizi Dengan Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP Negeri 2 Sleman

Munawaroh, Meisya Ainun (2022) Hubungan Aktivitas Fisik dan Status Gizi Dengan Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP Negeri 2 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_meisya ainun munawaroh_18601241029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sleman dan hubungan status gizi dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sleman kelas VII A, VII B dan VII C yang berjumlah 96 peserta didik, sehingga didapatkan sampel dengan jumlah 48 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan propotional random sampling. Pengumpulan data aktivitas fisik meggunakan angket, status gizi melakukan pengukuran IMT (indeks Massa Tubuh), dan Kebugaran jasmani dengan melakukan tes MFT. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi Kendall Tau. Hasil analisis hubugan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani diperoleh harga Thitung = 0, 166 dengan Ttabel = 0, 451, dengan demikian tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sleman. Hasil analisis hubungan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani diperoleh harga Thitung = 0,144 dengan Ttabel = 0,451, dengan demikian tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, status gizi, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:43
Last Modified: 26 Dec 2022 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75642

Actions (login required)

View Item View Item