MODEL DISAIN DIDAKTIS PEMBAGIAN PECAHAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Epon, Nur’aeni and Dindin Abdul Muiz, Lidinillah and Ayi, Sakinatussa’adah (2012) MODEL DISAIN DIDAKTIS PEMBAGIAN PECAHAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-12. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 32.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil pelitian pengembangan model disain didaktis pembagian pecahan berbasis pendidikan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap learning obstacle konsep operasi pembagian bilangan pecahan pada pembelajaran matematika sekolah dasar melalui studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas V dan kelas VI di SDN 8 Singaparna Tasikmalaya serta mengujicobakan bahan ajar pembagian pecahan dalam pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Perumnas Cisalak Tasikmalaya. Aspek disain didaktis yang dikembangkan adalah menanamkan makna pembagian pecahan, mengembangkan pemahaman prosedural pembagian pecahan, mengembangkan pemahaman pembagian pecahan dalam konteks soal cerita dan menanamkan pemodelan pembagian pecahan. Setelah desain didaktis awal tersebut diujikan di SDN Perumnas 1 Cisalak, menghasilkan desain didaktis revisi yang kemudian diimplementasikan di SDN 8 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Disain Didaktis (Didactical Design Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui instrumen tes berupa soal, observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan gabungan ketiganya atau trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah suatu desain didaktis alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar terkait konsep operasi pembagian bilangan pecahan. Kata kunci: disain didaktis, pembagian pecahan, learning obstacle.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: disain didaktis, pembagian pecahan, learning obstacle
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 27 Nov 2012 01:10
Last Modified: 27 Nov 2012 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7564

Actions (login required)

View Item View Item