Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan dengan Ketepatan Servis Atas Bola Voli Pada Peserta Putra Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 2 Bantul

Eriyanta, Yuda (2022) Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan dengan Ketepatan Servis Atas Bola Voli Pada Peserta Putra Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yuda eriyanta_18601241080.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan servis atas bola voli pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul. (2) Hubungan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan servis atas bola voli pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul. (3) Hubungan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan servis atas bola voli pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta putra ekstrakurikuler bola voli putra di SMP Negeri 2 Bantul yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik sampling dilakukan dengan total sampling. Instrumen koordinasi mata tangan menggunakan lempar tangkap bola tenis, kekuatan otot lengan yaitu tes push up, dan keterampilan servis atas diukur menggunakan instrumen tes dari Depdiknas (1999: 9). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap ketepatan servis atas peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul, dengan nilai nilai r hitung 0,787. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap ketepatan servis atas peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul, dengan nilai r hitung 0,719. (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan servis atas bola voli pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 2 Bantul, dengan nilai F hitung 29,154.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata tangan, kekuatan otot lengan, servis atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Dec 2022 06:13
Last Modified: 09 Dec 2022 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75635

Actions (login required)

View Item View Item