PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI DAERAH OLEH KELOMPOK GURUN SAHARA MELALUI BUDIDAYA ITIK TURI DI DUSUN BOGORAN TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA

Trandares, Amiram Oksali (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI DAERAH OLEH KELOMPOK GURUN SAHARA MELALUI BUDIDAYA ITIK TURI DI DUSUN BOGORAN TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_amiram oksali trandares_11102244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pemberdayaan masyarakat berbasis potensi daerah oleh Kelompok Gurun Sahara Melalui Budidaya Itik Turi meliputi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, hasil pemberdayaan masyarakat, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana subyek penelitian adalah Kelompok Gurun Sahara Melalui Budidaya Itik Turi Dusun Bogoran Trirenggo Bantul, pengurus dan anggota kelompok.Pengumpulan data dilakukan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi.Pada penelitian kualitatif, peneliti merupakan instrument utama yang dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Tehnik analisis data adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (data reduction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pemberdayaan masyarakat meliputi kegiatan pembentukan kelompok pembudidaya, kegiatan pelatihan, pendampingan anggota, serta monitoring dan evaluasi. (2) hasil pemberdayaan masyarakat adalah segi ekonomi menambah penghasilan atau pendapatan keluarga melalui budidaya hasil panen ikan yang dijual, segi sosial membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok sehingga secara langsung berdampak terhadap pengurangan angka kemiskinan. (3) faktor pendukung dan penghambat: faktor pendukung memiliki kemauan untuk maju, memiliki semangat untuk mencapai keberhasilan, bersedia terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan dan bekerjasama dengan anggota lain, ketersediaan lahan yang luas dan mudah dijangkau. Faktor penghambat: karakter dan pemikiran anggota yang berbeda-beda, menjadi penghambat dalam perkembangan kelompok, rasa egois dan malas masih sering dijumpai dalam diri anggota kelompok, sehingga kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, potensi daerah, kelompok budidaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:11
Last Modified: 09 Dec 2022 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75616

Actions (login required)

View Item View Item