PERAN MA’HAD AL-‘ILMI DALAM PEMBELAJARAN DA’I SALAFI DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-ATSARI YOGYAKARTA

Widiarko, Alif Novan (2022) PERAN MA’HAD AL-‘ILMI DALAM PEMBELAJARAN DA’I SALAFI DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-ATSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_alif novan widiarko_11102244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran Ma’had Al-‘Ilmi, (2) Proses Pembelajaran Da’i Salafi, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Da’i Salafi di Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara, ustadz pendidik dan santri peseta didik dalam pembelajaran da’i salafi di Ma’had Al-‘Ilmi Yayasan Pendidikan islam Al-Atsari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber/ nara sumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran Ma’had-Al’Ilmi menyebar luaskan ajaran Islam ke masyarakat yakni, sebagai fasilitator untuk mempelajari ilmu syar’i lebih terstruktur, menghilangkan kejahilan dalam beragama di tengah masyarakat, mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala meningkatkan kualitas Iman dan Takwa, menghindari terpaan syubhat. (2) Proses Pembelajaran melalui tiga tahapan yaitu kegiatan sebelum pembelajaran, yakni ustadz mempersiapkan dengan membaca materi pada bagian yang akan di pelajari hari itu. Kemudian materi yang diterima Santri dalam Pembelajaran ada materi Akidah, Tauhid, Ushul Fikih, Fikih, Bahasa Arab, Ushul Hadits, Ushul Tafsir dan Mengkaji Tafsir- Tafsir dari Al-Qur’an. Pada saat pelaksanaan pembelajaran untuk kajian regular menggunakan metode klasik monolog ceramah. Metode pembelajaran kelompok yang digunakan dalam setoran menghafal Al-Qur’an, menghafal Hadits dan Baca Kitab. Pelaksanaan kegiatan setelah selesai pembelajaran, evaluasi dilakukan membuat rapor laporan hasil belajar santri, evaluasi mengenai kemampuan santri dalam menangkap materi melalui Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. (3) Faktor pendukung pembelajaran niat ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, teman, rekaman kajian, masyarakat mendukung dan bisa bahasa arab. Faktor yang penghambat jadwal pembelajaran bentrok dan santri terlambat mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran ma’had al-‘ilmi, pelaksanaan pembelajaran, da’i salafi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:05
Last Modified: 09 Dec 2022 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75614

Actions (login required)

View Item View Item