Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Spasial-Visual, dan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang

Wati, Ika Febriana (2022) Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Spasial-Visual, dan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ika febriana wati_20712251062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. Pemecahan masalah merupakan ruh dari pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa adalah kecerdasan. Jenis kecerdasan yang berpotensi mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan logis-matematis secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (2) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan spasial-visual secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (3) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan intrapersonal secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM, (4) mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 UM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitaif ex post facto. Periode penelitian ini dilakukan selama Oktober 2021 – Juni 2022 dengan populasi penelitian seluruh mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian dipilih melalui proportional stratified sampling menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan jumlah 207 mahasiswa. Teknik dan instrumen pengumpulan datanya berupa tes dan skala psikologis yang telah lulus uji validitas isi dan konstruk serta reliabilitas konstruk dan komposit. Instrumen ini meliputi Tes kecerdasan logismatematis, tes kecerdasan spasial-visual, skala psikologis kecerdasan intrapersonal, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data hasil penelitian tersebut kemudian melalui uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan melalui uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan logis-matematis secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, (2) kecerdasan spasial-visual secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, (3) kecerdasan intrapersonal secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang, dan (4) kecerdasan logis-matematis, spasialvisual, dan intrapersonal secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Kecerdasan logis-matematis, spasial-visual, dan intrapersonal secara simultan berkontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 30,3%. Diharapkan dengan adanya hasil ini, pendidik dapat mempertimbangkan beberapa jenis kecerdasan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial-visual, kecerdasan intrapersonal, kemampuan pemecahan masalah matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:13
Last Modified: 08 Dec 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75595

Actions (login required)

View Item View Item