Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri Tunjungsari 2 Kalasan Sleman

PURWANTINI, FRANSISKA (2022) Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri Tunjungsari 2 Kalasan Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fransiska purwantini_18712254021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas V SD Negeri Tunjungsari 2 Kabupaten Slrman.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tunjungsari 2 Kabupaten Sleman yang berjumlah pesera didik 30 siswa, yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Sebelum hasil penelitian menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw nilai keterampilan proses yang lulus 40% dan hasil belajar yang lulus 33%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada penelitian awal, siklus I dan siklus II, dilihat dari perbandingan nilai rata-rata, pada penelitian awal nilai ratarata tes kelas keterampilan proses 61,66 dan hasil belajar 57,67 pada siklus I rata-rata kelas keterampilan proses menjadi 82,33 dan hasil belajar menjadi 82,66, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas keterampilan proses menjadi 87,33 dan hasil belajar menjadi 86,66. Selain itu jumlah siswa yang lulus keterampilan proses dan hasil belajar IPA juga meningkat, pada penelitian awal jumlah siswa yang lulus keterampilan proses hanya 12 (40%) dan hasil belajar hanya 10 orang (33%), sedangkan keterampilan proses 18 orang (60%) dan hasil belajar 20 orang (67%) tidak lulus. Pada siklus I jumlah siswa yang lulus keterampilah proses bertambah menjadi 25 orang (83,33%) dan hasil belajar bertambah menjadi 26 orang (87%) siswa yang tidak lulus keterampilan proses 5 orang (16,66%) dan siswa yang tidak lulus hasil belajar 4 orang (13%). Peningkatan jumlah siswa yang lulus juga terlihat pada siklus II jumlah siswa yang lulus keterampilan proses dan hasil belajar 30 orang (100%) atau dengan kata lain seluruh siswa lulus. Seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM 70.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, kooperatif tipe jigsaw
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:20
Last Modified: 07 Dec 2022 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75579

Actions (login required)

View Item View Item