Efektivitas Lingkungan Belajar Virtual terhadap Kesuksesan Belajar Bidang Ilmu Sosial: Sebuah Analisis Meta.

Syafii, Ahmad and Retnawati, Heri (2022) Efektivitas Lingkungan Belajar Virtual terhadap Kesuksesan Belajar Bidang Ilmu Sosial: Sebuah Analisis Meta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahmad syafii-20701251009_1664339492.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis perangkat virtual terhadap kesuksesan belajar siswa di bidang ilmu sosial dilihat dari nilai effect size studi yang terpublikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis meta, dengan desain group contrast dari penelitian eksperimen maupun kuasi-eksperimen yang memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Database yang digunakan adalah database SCOPUS. Proses penentuan artikel menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun metadata artikel dengan kata kunci spesifik yang telah ditentukan. Metadata artikel yang didapatkan kemudian dilakukan penyortiran berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Langkah selanjutnya yakni mendownload PDF artikel yang sesuai dengan kriteria. PDF yang telah terdownload kemudian ditabulasi untuk mendapatkan data statistik yang digunakan dalam perhitungan effect size. Perhitungan effect size masing- masing studi dan analisis data untuk pembuktian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi R versi 4.2.0 dan dibantu GUI RStudio Desktop 2022.02.3+492. Keabsahan data dilakukan dengan mencantumkan Digital Object Identifier (DOI) dalam tabel data agar terverifikasi sudah ter indeks SCOPUS Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat heterogenitas dari studi yang diamati dengan nilai Q sebesar 2140,50 dengan p-value 0,0001 < α (0,05). Nilai I2 sebesar 89,8% menunjukkan kategori heterogenitas substansial sehingga digunakan model random effect size dalam perhitungan summary effect size. Hasil analisis summary effect size menunjukkan lingkungan belajar virtual berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan belajar bidang ilmu sosial dilihat dari angka random effect size sebesar 0,6575 dengan p-value 0,0001 < α (0,05). Angka 0,6575 menunjukkan pengaruh yang diberikan lingkungan belajar virtual terhadap kesuksesan belajar di bidang ilmu sosial berada dalam kategori sedang. Hasil analisis sub-kelompok menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas ditinjau dari waktu treatment (nilai Q = 2,38 dan p-value 0,4972 > α (0,05)).Semakin lama waktu treatment maka kesuksesan belajar semakin baik. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan ditinjau dari jenis device (Q = 3,89 dan p-value 0,0487 < α (0,05)), level pendidikan (Q = 497,10 dan p-value 0,0001 < α (0,05)) dan jenis mata pelajaran (Q = 38,78 dan p-value 0,0001 < α (0,05)). Hasil uji bias publikasi menunjukkan meskipun bentuk funnel plot dari studi yang diamati tidak simetris (intercept egger’s test = 3,083 > 1) namun tidak terdapat bias publikasi mengenai studi pengaruh lingkungan belajar virtual terhadap kesuksesan belajar bidang ilmu sosial (nilai Fail Safe N = 70924 lebih besar dari 5 (220)+10 = 1110)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis meta, efektivitas, kesuksesan belajar, lingkungan belajar virtual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:22
Last Modified: 07 Dec 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75553

Actions (login required)

View Item View Item