Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Science, Environment, Technology, dan Society (SETS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

ULYAWATI, ULYAWATI (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Science, Environment, Technology, dan Society (SETS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ulyawati_20712251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis pendekatan SETS yang layak, (2) menghasilkan multimedia interaktif berbasis pendekatan SETS yang praktis, dan (3) mengetahui keefektifan produk multimedia interaktif berbasis pendekatan SETS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan langkah pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini berasal dari SDN 3 Lemba dan SDN 5 Mattiropole, yaitu uji coba perorangan 6 siswa, uji coba kelompok kecil 16 siswa, uji coba kelompok besar 25 siswa berasal dari kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji t, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kelayakan yang dilakukan melalui validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan kategori “Layak”. (2) Hasil uji kepraktisan yang dilakukan melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan kategori “Praktis” dan tanggapan guru mendapatkan kategori “Cukup Praktis”. (3) Multimedia interaktif berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan berkategori efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa, yang secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000 < (ꭤ) 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif Berbasis SETS, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:01
Last Modified: 08 Dec 2022 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75544

Actions (login required)

View Item View Item