Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Cerita Anak dan Relevansinya sebagai Media Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar

Santi Ratna Dewi, Santi Ratna Dewi (2022) Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Cerita Anak dan Relevansinya sebagai Media Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_santi ratna dewi_17712251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak, 2) menemukan teknik penyampaian nilai-nilai karakter dalam cerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan subjek penelitian berupa cerita anak yang terdapat pada Majalah Bobo Edisi Juli sampai dengan Desember 2021 sebanyak 19 cerita anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu kartu data. Data yang diperoleh dianalisis melalui enam langkah, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan, dan 6) mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita anak dalam Majalah Bobo Edisi Juli sampai dengan Desember 2021: 1) mengandung nilai-nilai karakter yaitu: a) nilai karakter religius yang terdiri atas subnilai karakter teguh pendirian, percaya diri, antibuli dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan dan subnilai yang mendominasi adalah persahabatan, b) nilai karakter nasionalis yang terdiri atas subnilai karakter menjaga kekayaan budaya bangsa, unggul dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, disiplin dan subnilai yang mendominasi adalah unggul dan berprestasi, c) nilai karakter mandiri yang terdiri atas subnilai karakter etos kerja (kerja keras), daya juang, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat dan subnilai yang mendominasi adalah menjadi pembelajar sepanjang hayat, d) nilai karakter gotong royong yang terdiri atas subnilai karakter kerja sama, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong-menolong, solidaritas, empati dan nilai yang mendominasi adalah tolong-menolong, e) nilai karakter integritas yang terdiri atas subnilai karakter kejujuran, komitmen moral, anti korupsi, tanggung jawab dan nilai yang mendominasi adalah tanggung jawab, 2) teknik penyampaian nilai-nilai karakter terdiri dari dua cara yaitu: a) secara langsung hanya melalui uraian pengarang, dan b) secara tidak langsung melalui tindakan tokoh dan dialog antartokoh dan yang mendominasi yaitu tindakan tokoh.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cerita anak, nilai-nilai karakter, teknik penyampaian nilai-nilai karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:24
Last Modified: 06 Dec 2022 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75521

Actions (login required)

View Item View Item