PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI , INTELIGENSI QUOTIENT, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI OLIMPIADE SAINS DI SMA NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Ary, Widayanto (2012) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI , INTELIGENSI QUOTIENT, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI OLIMPIADE SAINS DI SMA NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 26.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana 1). pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi Olimpiade Sains di SMA N 1 Bantul. 2). pengaruh Inteligensi Quotient terhadap prestasi Olimpiade Sains di SMA N 1 Bantul, 3). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi Olimpiade Sains di SMA N 1 Bantul Tahun Ajaran 2011-2012, 4). Pengaruh motivasi berprestasi, Inteligensi Quotient dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi Olimpiade Sains di SMA N 1 Bantul Tahun Ajaran 2011-2012 Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan angket, dokumentasi dan tes prestasi. Sedangkan prestasi olimpiade sains diperoleh dengan hasil tes akademik bidang olimpiade sains terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, ekonomi, Komputer, Kebumian dan Astronomi. Adapun yang menjadi sumber informasi dalam penelitian siswa kelas X dan XI sebanyak 73 siswa sebagai hasil seleksi sekolah dan menjadi wakil sekolah ke seleksi tingkat Kabupaten/Kota, dengan angket guna memperoleh data tentang motivasi berprestasi siswa dan fasilitas sarana belajar siswa, sedangkan untuk Inteligensi Quotient diambil dari dokumentasi hasil tes oleh Yayasan jasa Psikologi Bina Asih Yogyakarta. Sedangkan untuk analisa data dengan menggunakan bantuan program SPSS 18,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). pengaruh motivasi berprestasi siswa sangat signifikan terhadap prestasi Olimpiade Sains SMA N 1 Bantul dengan ditunjukkan bahwa t hitung (1,692) > t table (1,66), 2). Pengaruh Inteligensi Quotient tidak signifikan terhadap prestasi Olimpiade Sains SMA N 1 Bantul bahwa t hitung (0,713) < t table (1,66). 3). Pengaruh Fasilitas belajar siswa sangat signifikan terhadap prestasi Olimpiade Sains SMA N 1 Bantul bahwa t hitung (1.739) > t table (1,66). Hasil dari analisa regresi linier menunjukkan sebagai persamaan y = 50,862 + 0,142 X1 + 0,093 X2 + 0,111 X3. Kata kunci: Motivasi berprestasi, Inteligensi Quotient, Fasilitas Belajar, Prestasi Olimpiade Sains.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, Inteligensi Quotient, Fasilitas Belajar, Prestasi Olimpiade Sains
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 27 Nov 2012 01:10
Last Modified: 27 Nov 2012 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item