MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DESAIN REFLEKTIF (BDR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI, PEDAGOGI, DAN PENGUASAAN MATERI (TPACK) GURU SD DALAM PEMBELAJARAN IPA

KUMALA, FARIDA NUR (2022) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DESAIN REFLEKTIF (BDR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI, PEDAGOGI, DAN PENGUASAAN MATERI (TPACK) GURU SD DALAM PEMBELAJARAN IPA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_farida nur kumala_17706261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Abad 21 ditandai dengan penguasaan kecakapan literasi. Salah satu kecakapan literasi ialah literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan literasi sains siswa SD masih rendah, salah satunya dipengaruhi oleh TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA yang masih rendah. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan model pembelajaran berbasis desain reflektif yang layak untuk meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA, 2) mengungkapkan keefektifan model pembelajaran berbasis desain reflektif untuk meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA, 3) mengungkapkan kepraktisan model pembelajaran berbasis desain reflektif untuk meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA, Penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall (1983) yang terdiri atas (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) dissemination and implementation. Subjek penelitian adalah guru SD di Kota dan Kabupaten Malang. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil analisis kebutuhan, validitas model pembelajaran, keterlaksanaan model pembelajaran, aktivitas guru dan dosen, respon guru dan dosen, serta kemampuan TPACK guru SD. Data kualitatif didapatkan dari data wawancara analisis kebutuhan dan data keterlaksanaan model pembelajaran berbasis desain reflektif. Instrumen yang digunakan adalah angket, panduan wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan inferensial (t test) dan uji gain score. Temuan penelitian sebagai berikut: (1) model pembelajaran berbasis desain reflektif yang terdiri atas sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, dan dampak model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli untuk meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA, (2) model pembelajaran berbasis desain reflektif efektif dalam meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA, (3) model pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan kriteria praktis dalam meningkatkan TPACK guru SD dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pembelajaran berbasis desain reflektif yang layak, efektif dan praktis dalam meningkatkan TPACK guru SD pada pembelajaran IPA. Saran pada penelitian ini model dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan TPACK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: IPA SD, Pembelajaran berbasis desain reflektif, TPACK.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:53
Last Modified: 06 Dec 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75517

Actions (login required)

View Item View Item