GAME EDUKATIF SEJARAH KOMPUTER MENGGUNAKAN ROLE PLAYING GAME (RPG) MAKER XP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KALIBAWANG

Agustina Dwi , Wulandari (2012) GAME EDUKATIF SEJARAH KOMPUTER MENGGUNAKAN ROLE PLAYING GAME (RPG) MAKER XP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KALIBAWANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Skripsi_Agustina.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Game Edukatif Sejarah Komputer yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker XP. Game ini berisi materi sejarah komputer dimana game tersebut digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) validasi, (5) revisi, dan (6) uji coba produk. Tahap analisis kebutuhan mencakup kebutuhan standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi, serta analisis spesifikasi kebutuhan hardware dan software. Tahap desain meliputi desain alur cerita, desain tampilan, flowchart, dan tokoh dalam game. Tahap implementasi adalah tahap pewujudan desain ke dalam produk sesungguhnya. Tahap validasi dilakukan dengan menilai game yang telah dirancang dan dibuat yang kemudian ditentukan kelayakannya oleh para ahli untuk mendapatkan kritik dan saran untuk perbaikan. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan langsung dalam pembelajaran peserta didik. Pengujian penelitian ini menggunakan ahli materi dan ahli media pembelajaran serta siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalibawang sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Perolehan data diolah dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan game edukatif ini. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli materi sebesar 83,33% yang masuk dalam kategori sangat layak, ahli media sebesar 81,07% yang dikategorikan sangat layak, dan siswa sebagai pengguna sebesar 80,75 yang dikategorikan layak. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukatif sejarah komputer temasuk dalam kategori layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 26 Nov 2012 00:34
Last Modified: 26 Nov 2012 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View Item View Item