PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Khusni , Syauqi (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 1 SEDAYU.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran modul interaktif sebagai pendukung pembelajaran teori pengelasan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran modul interaktif untuk pembelajaran las busur manual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian menggunakan model penelitian menurut Sugiyono. Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian selama sembilan bulan terhitung mulai bulan Desember 2011 hingga bulan September 2012. Obyek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran berbentuk modul interaktif pada mata pelajaran las busur manual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran melalui beberapa tahap, yaitu; (1) identifikasi tujuan pembelajaran, (2) analisis kebutuhan, (3) desain produk, (4) produk awal, (6) uji ahli, (7) revisi I, (8) uji coba kelompok kecil, (9) revisi II, (10) uji coba kelompok besar, (11) revisi III, (12) produk akhir. Tahap desain produk meliputi; (1) pengumpulan bahan, (2) mendesain software, dan (3) assembly media pembelajaran. Tahap mendesain software meliputi; (1) analisis terhadap rancangan media pembelajaran, (2) desain program, (3) assembly media pembelajaran, dan (4) pengujian program. Tahap desain program meliputi; (1) desain alur kerja, (2) desain struktural, dan (3) desain bahasa pemrograman. Kelayakan media pembejaran modul interaktif ditinjau dari aspek isi materi, aspek manfaat materi, aspek desain teknis, aspek kemudahan pengoperasian, dan aspek komunikasi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru SMK dan siswa dalam keseluruhan tahap pengembangan diperoleh hasil penilaian dengan kategori “Baik” dan “Sangat Baik” yang artinya modul interaktif layak digunakan dalam pembelajaran las busur manual di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2012 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7548

Actions (login required)

View Item View Item