PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI USAHA MIKRO PEMBUATAN KERIPIK PISANG “CAP JEMPOL” DI DESA TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI JAWA TENGAH

Kurniawan, Hendra (2019) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI USAHA MIKRO PEMBUATAN KERIPIK PISANG “CAP JEMPOL” DI DESA TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_hendra kurniawan_11102244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan : (1) Penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan melaluia) Perencanaan dilakukan dengan cara penyadaran, b) pelaksanaan dilakukan dengan cara pengkapasitasan dan pendayaan c) evaluasi, (2) hasil yang dicapai dari penyelenggaraan program pemberdayaan masyarakat (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemberdayaan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengurus, anggota dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan dalam keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan melalui perencanaan dengan cara penyadaran yang dilakukan melalui sosialisasi, pelaksanaan dilakukan dengan cara pengkapasitasan dan pendayaan melalui pendampingan dan pelatihan, evaluasi dilakukan melalui dua tahap yaitu evaluasi harian dan bulanan(2) Hasil penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan melalui usaha pembuatan keripik pisang yaitu meningkatnya wawasan dan keterampilan dalam berwirausaha, mengurangi angka pengangguran dan meningkatnya pendapatan keluarga(3) Faktor pendukung dalam usaha pembuatan keripik pisang cap jempol antara lain a) Bahan baku mudah didapatkan b) Peralatan yang cukup lengkap c) Semangat pengurus dan anggota yang tinggi dan saling bekerjasama satu sama lain membuat usaha semakin maju. Sedangkan faktor penghambat dalam usaha pembuatan keripik pisang cap jempol yaitu hasil uang yang disetorkan terutama toko-toko kecil yang dititipi barang produksi terkadang masih kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Empowerment of women, micro-manufacture of banana chips
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:38
Last Modified: 05 Dec 2022 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75457

Actions (login required)

View Item View Item