PARTISIPASI ORGANISASI GERAKAN PEMUDA ANSOR DALAM KEGIATAN KEMASYARAKATAN DI DESA BRINGIN KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

Prasetyo, Muharom Ari (2019) PARTISIPASI ORGANISASI GERAKAN PEMUDA ANSOR DALAM KEGIATAN KEMASYARAKATAN DI DESA BRINGIN KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muharom ari prasetyo_12102244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bagaimana partisipasi organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Bringin kabupaten Magelang dalam kegiatan kemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Deskriptif adalah pendekatan yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi maupun daerah tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini ialah GP Ansor sebgai gerakan kepemudaan memiliki berbagai program kegiatan berbasis masyarakat berupa kegiatan sosial keagamaan seperti pengajian selapanan ahad legi, arisan motor, pengobatan gratis berkerjasama dengan PPNI Kabupaten Magelang dengan rumah sakit Patma Lalita dan keamanan dalam kegiatan peringatan hari besar seperti idul fitri dan kemerdekaan RI. GP Ansor memiliki Barisan Ansor Serba Guna (BANSER) dalam melaksanakan kegiatan keamanan dan kebencanaan. Partisipasi GP Ansor dalam kegiatan kemasyarakat dengan cara menjalankan kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang didukung oleh para tokoh masyarakat dan perangkat desa setempat. Sementara itu, kendala yang mempengaruhi GP Ansor berupa masalah pendanaan dan kesibukan anggota.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: participation, youth participation, GP Ansor, community activities.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:23
Last Modified: 05 Dec 2022 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75455

Actions (login required)

View Item View Item