Harwitama, Amara Jessika Aprilla (2022) KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN LOKA GHANA PODCAST DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_amara jessika aprilla harwitama_18101241025.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan loka ghana podcast di perpustakaan SMA Negeri 1 Sedayu, dan (2) kendala dalam pelaksanaan layanan loka ghana podcast di perpustakaan SMA Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang masih aktif bersekolah pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Sedayu. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 0,1 dan N= 948. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 91 responden dengan penentuan responden menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan dan analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan aplikasi SPSS 25.0 dan Microsoft Excel 2013, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna layanan loka ghana podcast di perpustakaan SMA Negeri 1 Sedayu Kabupaten Bantul mendapat presentase sebesar 79% termasuk dalam kategori memuaskan. Kualitas layanan loka ghana podcast dilihat dari sub variabel bukti fisik (tangibles) mendapat presentase sebesar 79% termasuk dalam kategori memuaskan, sub variabel kehandalan (reliability) mendapat presentase sebesar 81% termasuk dalam kategori memuaskan, sub variabel ketanggapan (responsiveness) mendapat presentase sebesar 80% termasuk dalam kategori memuaskan, sub variabel jaminan (assurance) mendapat presentase sebesar 80% termasuk dalam kategori memuaskan, dan sub variabel empati (empathy) mendapat presentase sebesar 79% termasuk dalam kategori memuaskan. Hambatan dalam pelaksanaan layanan loka ghana podcast di perpustakaan SMA Negeri 1 Sedayu Kabupaten Bantul, yaitu: a) kurangnya tenaga Perpustakaan Loka Ghana khususnya pustakawan bidang IT, sehingga kurang terfokus dalam mengembangkan dan memaksimalkan layanan loka ghana podcast; b) loka ghana podcast hanya dijadikan sebagai arsip audio dari video yang diunggah dalam channel youtube Perpustakaan Loka Ghana yaitu loka ghana TV; c) ketidakstabilan koneksi internet/wifi sekolah; serta d) kesulitan mendapatkan perhatian dari siswa karena merupakan inovasi baru dan informasi layanan yang kurang menyeluruh
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | user satisfaction, school library services, podcast |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75452 |
Actions (login required)
View Item |