PENGARUH MODUL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KERJA BANGKU PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Fandy Mahendra , Rochman (2012) PENGARUH MODUL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KERJA BANGKU PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
artikel skripsi full.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh penggunaan modul perkakas tangan pada mata pelajaran kerja bangku di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan modul perkakas tangan pada mata pelajaran kerja bangku, (3) mengetahui tingkat prestasi pada mata pelajaran kerja bangku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiment. Dalam pelaksanaannya menggunakan desain quasi experiment. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman, kelas X Teknik Pemesinan E (X TPE) sebagai kelompok eksperimen, kelas X Teknik Pemesinan D (X TPD) sebagai kelompok kontrol dan kelas X Teknik Pemesinan A (X TPA) sebagai kelompok uji coba. Pengumpulan data melalui tes yang diadakan pada awal pertemuan pertama dan tes akhir dilakukan setelah semua materi diberikan kepada siswa. Instrumen untuk mengetahui prestasi berupa soal yang harus dijawab oleh siswa. Hasil belajar pada kelompok eksperimen yang menggunakan modul perkakas tangan memperoleh nilai rata-rata 77,4. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada pada skor/nilai 76 dan 78. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada skor/nilai 77. Nilai tertinggi 92, sedangkan nilai terendahnya 62. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan menggunakan modul perkakas tangan dan kelompok kontrol tanpa modul perkakas tangan. Hasil perhitungan uji t dua sampel independen menghasilkan thitung 11,8909 sedangkan ttabel dengan dk=59 taraf signifikansi 5% sebesar 1,671. Keputusan terdapat perbedaan apabila ttabel < thitung. Sumbangan efektif sebesar 19% dan sumbangan relatif sebesar 81%. Penggunaan modul perkakas tangan berpengaruh pada mata pelajaran kerja bangku dengan kompetensi dasar menguasai teknik mengikir, teknik menggergaji dan teknik memahat. Pengaruh modul ditinjau dari peningkatan nilai melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimental adalah adalah 77,4.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2012 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7545

Actions (login required)

View Item View Item