EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI

Nurbaiti, Khotami (2022) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_khotami nurbaiti_18101244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi pendidikan karakter dengan unsur (1) Context (2) Input (3) Process (4) Product di SD Muhammadiyah Sokonandi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif evaluatif. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan teman-teman pada tahun 1967 di Ohio State University. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala bidang kurikulum, dua guru kelas, dan orang tua siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang berjalan telah memenuhi standar pelaksanaan. Kondisi context pendidikan karakter dikategorikan baik dengan tercapainya aspek-aspek yang ada, kondisi input pendidikan karakter dikategorikan baik dengan mencukupinya sumber daya pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, kondisi process pendidikan karakter dikategorikan baik dengan berjalannya pendidikan karakter di sekolah dengan baik, dan kondisi product pendidikan karakter dikategorikan baik dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: program evaluation, character building, CIPP.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:19
Last Modified: 05 Dec 2022 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75447

Actions (login required)

View Item View Item