Tahriri, Moh Zuhud (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN NURUL ULUM MAN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_moh zuhud tahriri_18101241037.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas pelayanan perpustakaan, (2) tingkat kepuasan pemustaka, (3) pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka, (4) besaran pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Nurul Ulum MAN Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MAN Purworejo yang berjumlah 944 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 281 siswa ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, selanjutnya sampel setiap jenjang kelas ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan perpustakaan berada pada kategori tinggi dengan 89,32% pemustaka menilai pada kategori tinggi serta variabel kualitas pelayanan perpustakaan memperoleh skor dengan nilai persentase sebesar 85,63%, (2) kepuasan pemustaka berada pada kategori tinggi dengan 88,97% pemustaka memiliki tingkat kepuasan pada kategori tinggi serta variabel kepuasan pemustaka memperoleh skor dengan nilai persentase sebesar 86,62%, (3) kualitas pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta persamaan regresi memiliki nilai koefisien regresi sebesar (+) 0,609 yang menunjukkan terdapat pengaruh positif, (4) besaran pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka adalah sebesar 81,86% dengan nilai R Square sebesar 0,8186.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | library service quality and librarian satisfaction. |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:15 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75446 |
Actions (login required)
View Item |