MENUMBUHKAN KARAKTER BEKERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 TEMPEL

SUMIYATI, SUMIYATI (2012) MENUMBUHKAN KARAKTER BEKERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 TEMPEL. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 23.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut manusia untuk selalu memperbaharui pengetahuan, agar dapat mensikapinya dengan bijak. Kegagalan atau gagapnya dalam menghadapi hal itu akan mengakibatkan rusaknya sebagian karakter dan budaya bangsa, seperti istilah kacang lupa pada kulitnya. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar baik aspek terapan maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai pada batas tertentu matematika perlu dikuasai oleh segenap warga negara Indonesia. Karakteristik dari matematika yaitu obyeknya yang abstrak, simbol yang kosong dari arti, kesepakatan dan pemikiran deduktif aksiomatik, dan anti kontradiksi akan mempengaruhi karakter anak bangsa sebagai calon pemimpin penentu kebijakan secara universal, tanpa pandang bulu. Pembelajaran matematika di sekolah yang merupakan bagian dari pendidikan matematika tidak terlepas dari matematika itu sendiri. Prinsip-prinsip dasar, penalaran yang konstruktif dan pola pikirnya akan mempengaruhi sikap, perilaku, karakter dan budaya berkehidupan warga sekolah terutama guru dan siswa, serta hal itu sejalan dengan tuntutan kepentingan mereka menghadapi tantangan kehidupan masa depan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam pendidikan matematika umumnya, pendidikan matematika di sekolah khususnya yang dapat mempengaruhi dan atau membangun karakter guru dan siswa. Kata kunci : Karakter, Guru dan siswa, pembelajaran matematika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Guru dan siswa, pembelajaran matematika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 26 Nov 2012 08:50
Last Modified: 26 Nov 2012 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7544

Actions (login required)

View Item View Item