MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET

Endang Setyo, Winarni (2012) MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 22.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Karakter siswa SD bisa dibangun melalui berbagai macam cara dalam pembelajaran matematika yaitu dengan melatih siswa konsisten dalam berpikir, konsisten dalam memakai istilah, konsisten dalam perhitungan, konsisten dalam mengetrapkan kesepakatan-kesepakatan. Cara lain juga dapat dilakukan dengan melatih siswa disiplin dalam menggunakan waktu, toleransi dengan menghormati pendapat orang lain dalam pembelajaran. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat terjadi dalam interaksi siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru baik secara diskusi kelas, maupun diskusi kelompok. Hal ini juga sesuai dengan karakter matematika yang melatih siswa untuk berpikir kritis dan logis. Siswa SD usianya sekitar 6 sampai dengan 12 tahun, menurut Piaget usia tersebut masih berada pada operasional konkret. Maksudnya media benda- benda konkret dalam hal ini berupa alat peraga, merupakan jembatan yang sangat membantu pemahaman siswa terhadap matematika yang abstrak. Pakar lain yang bernama Kovalik, menyatakan bahwa tujuan utama sekolah hendaknya membantu siswa memahami dunia mereka. Oleh karena itu guru harus banyak inisiatif dalam menerapkan dan mengembangkan bahan ajar matematika dengan berbagai cara sesuai tingkat berpikir siswa SD. Dalam pembelajaran matematika sebaiknya guru berusaha agar siswa SD lebih banyak mengerti pelajaran matematika tersebut dengan suasana yang kondusif, siswa gembira dan siswa tidak tertekan. Dalam makalah ini diuraikan pentingnya penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa SD. Kecuali itu juga diberi contoh-contoh pembuatan dan penggunaan media pembelajaran alternatif bidang studi matematika untuk siswa SD. Mengingat pentingnya alat peraga tersebut, guru matematika SD diharapkan terampil membuat dan menggunakannya. Semoga dengan contoh-contoh pembuatan dan penggunaan beberapa alat peraga dapat memotivasi guru-guru SD untuk mengadakan, mengelola dan mengembangkan kelas matematika di setiap SD yang mutlak sangat diperlukan. Kata kunci : Karakter Siswa SD, Pembelajaran Matematika, Media Benda Konkret

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa SD, Pembelajaran Matematika, Media Benda Konkret
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 26 Nov 2012 08:49
Last Modified: 26 Nov 2012 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item View Item