STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI KASIHAN

Artanti, Luhtiyasari Narda (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI KASIHAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_luhtiyasari narda artanti_18101241040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan program Sekolah Ramah Anak (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program (3) mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam melibatkan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, anggota paguyuban orang tua (POT), dan siswa di SD Negeri Kasihan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara semiterstruktur. Penentuan subjek data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan metode member check. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Interaktif, yang merupakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang dilakukan kepala sekolah antara lain: perencanaan program melibatkan seluruh pemangku kepentingan, penyediaan sarana dan prasarana sekolah yang tersistem, mengunggulkan kegiatan yang berbudaya dan ramah anak, menguatkan partisipasi orang tua untuk pengawasan anak di rumah, melakukan diklat/bimbingan teknis bagi guru dan kepala sekolah, adanya skema pengaduan tindak bullying melalui kotak saran dan aplikasi cegah bully (SI CELLY) serta pelibatan partisipasi anak; (2) faktor pendukung berupa letak strategis untuk pembelajaran budaya lokal, partisipasi orang tua dalam hal dana, tenaga dan waktu, dan kualitas skill serta komitmen sumber daya manusia, faktor penghambat berupa keterbatasan anggaran, mayoritas gedung merupakan cagar budaya sehingga sulit membangun ruangan baru (3) sekolah membuat wadah perkumpulan yang disebut Paguyuban Orang tua “POT” dan juga media grup whatsapp untuk komunikasi diluar sekolah guna mengontrol dan mendampingi peserta didik di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi kepala sekolah, sekolah ramah anak
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:26
Last Modified: 02 Dec 2022 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75421

Actions (login required)

View Item View Item