PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 SLEMAN

Linawati, Rosita (2022) PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rosita linawati_18101241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan guru oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi professional pada masa pandemi COVID-19, yang terdiri dari : kompetensi professional guru pada masa pandemi COVID-19, pembinaan kepala sekolah sebagai supervisor, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam melakukan pembinaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA N 1 Sleman yang memiliki tugas tambahan sebagai waka kurikulum, staff kurikulum, dan penanggung jawab workshop. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipasi pasif, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan menurut Miles, Hubberman, dan Saldana yakni melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi profesional guru di SMA N 1 Sleman secara keseluruhan telah dimiliki oleh guru, hanya terdapat beberapa guru berusia lanjut yang masih memerlukan pendampingan. (2) Pembinaan kepala sekolah sebagai supervisor dilakukan menurut teknik dan jenis pembinaan. Teknik yang digunakan adalah teknik individu berupa kunjungan kelas dan penilaian antar guru. Teknik yang kedua merupakan teknik pembinaan secara berkelompok yang meliputi rapat guru, diskusi antar guru, workshop, tukar pengalaman, dan webinar. Sedangkan menurut jenis pembinaannya, kepala sekolah melaksanakan kegiatan peer sebaya dan program MGMP di tingkat sekolah. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap guru berasal dari karakter personal guru yakni pola pikir beberapa guru yang tidak mau berubah mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, kendala kedua yakni rendahnya motivasi guru untuk mempelajari IPTEK di tengah tuntutan guru untuk terus menggunakan IPTEK pada masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pembinaan Kepala Sekolah, Profesional Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:09
Last Modified: 20 Dec 2022 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75420

Actions (login required)

View Item View Item