STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT PADA KB AL HIDAYAH TURI DI MASA NEW NORMAL

Melati, Anita Suci (2022) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT PADA KB AL HIDAYAH TURI DI MASA NEW NORMAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_anita suci melati_18101241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi humas dalam meningkatkan animo masyarakat yang memiliki anak usia dini pada KB Al Hidayah Turi di masa New Normal yang terdiri dari: strategi yang dilakukan, kendala yang dihadapi, dan solusi yang dilakukan KB Al Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala humas, petugas humas dan orang tua wali siswa KB Al Hidayah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi humas dalam meningkatkan animo yang dilakukan oleh humas KB Al Hidayah memperhatikan 4 hal yaitu persiapan strategi humas, jenis publikasi humas yang digunakan, isi pesan yang disampaikan, dan kerjasama yang dilakukan. (2) Kendala yang sering dihadapi oleh sekolah saat pelaksaanaan strategi humas untuk meningkatkan animo masyarakat, diantaranya yaitu budaya membaca masyarakat masih tergolong rendah, kesadaran orang tua (masyarakat) akan pentingnya pendidikan di usia dini anak masih kurang, pemilihan tempat pemasangan media cetak yang kurang strategis, keterbatasan media sosial yang dimiliki sekolah, serta sekolah belum memiliki alamat web sekolah sendiri. (3) Solusi yang dilakukan KB Al Hidayah dalam mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat menggunakan metode penyampaian informasi langsung Mouth to Mouth (Mulut ke mulut), menggunakan bahasa yang mudah dipahami, jujur, dan sopan. Pemasangan media cetak sebagai alat promosi sekolah diletakkan di tempat yang strategis, memperbaiki pembagian beban kerja agar saat melaksanakan tugas tidak terbebani dan kekurangan waktu, serta mengikuti pelatihan untuk meningkatan kemampuan IT humas sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas Sekolah, Animo Masyarakat.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:03
Last Modified: 06 Dec 2022 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75410

Actions (login required)

View Item View Item