IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI MTS LB/A YAKETUNIS

Putri, Amalia Yulinda (2022) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI MTS LB/A YAKETUNIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_amalia yulinda putri_18101241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pengelolaan perpustakaan yang mencakup pemanfaatan perpustakaan, perawatan perpustakaan, layanan sirkulasi, dan layanan referensi dan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengelolaan perpustakaan di MTS LB/A Yaketunis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru mata pelajaran (7), dan pemustaka kelas 7 dan 8 sebagai cross check. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sebagian besar guru memanfaatkan perpustakaan untuk proses pembelajaran, tetapi siswa jarang mengerjakan tugas di perpustakaan. Perawatan perpustakaan belum dilakukan secara berkala karena kesibukan dari semua guru. Terkait penghapusan di perpustakaan tidak ada kriterianya. Perawatan barang tak habis pakai dilihat dan diperiksa berfungsi atau tidak. Peminjaman koleksi dengan menyebutkan nama, buku dan ditulis di buku peminjaman. Syarat perpanjangan adalah jika belum selesai dan pengembalian buku diberikan ke pengelola dan dicatat di buku pengembalian. Layanan referensi mencakup pemberian informasi dilakukan jika ada yang bertanya kepada pengelola dan bimbingan penggunaan perpustakaan. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan yaitu sudah terdapat buku, dan lokasinya dekat. Faktor pendukung perawatan semua guru membantu. Faktor pendukung layanan sirkulasi tidak ada sanksi, pegawainya ramah. Faktor pendukung layanan referensi ada layanan informasi dan bimbingan. Faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan belum digitalisasi. Faktor penghambat perawatan perpustakaan kurang tenaga dan pengetahuan dari pengelola. Faktor penghambat layanan sirkulasi kesadaran untuk mengembalikan buku dan penataan kurang rapi. Faktor penghambat layanan referensi belum kearah inklusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pengelolaan perpustakaan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:35
Last Modified: 01 Dec 2022 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75399

Actions (login required)

View Item View Item