PENGELOLAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROGOYUDAN SLEMAN

Heriyanti, Antika Ririn (2022) PENGELOLAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROGOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_antika ririn heriyanti_16101241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi pembelajaran pada masa Covid-19 di SD Negeri Rogoyudan Sleman Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 1, 2, dan 3. Lokasi penelitian yaitu SD Negeri Rogoyudan Sleman. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap perencanaan pembelajaran pda masa covid-19 di SD Negeri Rogoyudan Sleman meliputi pembuatan RPP dan silabus. RPP dan silabus yang dibuat yakni RPP kurikulum 2013 sesuai ketentuan dinas. Namun, pada RPP dan Silabus di masa covid-19 ini terdapat penyesuaian pada alokasi waktu yang mana disesuaikan dengan metode pembelajaran online dan offline. (2) Pada tahap pelaksaaan guru menggunakan pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Pembelajaran disusun dalam suatu rangkaian kegiatan dengan metode belajar online melalui grup whatsapp, dan tatap muka di jadwal yan sudah ditentukan. Guru selalu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orangtua untuk mendampingi anaknya ketika belajar di rumah, guru mengajar dengan cara menyampaikan materi terlebih dahulu kemudian murid diberikan soal evaluasi mengenai materi tersebut. Guru menggunakan alat bantu video youtube dan PPT ketika menyampaikan materi di grup whatsapp. (3) Pada tahap evaluasi, siswa dinilai dari evaluasi sumatif dan formatif. Evaluasi yang harus ditempuh siswa meliputi ujian harian, evaluasi soal-soal LKS, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. UPT Pendidikan Kecamatan Mlati ikut serta dalam pelaksanaan evaluasi secara serentak dengan pembuatan soal untuk sekolah- sekolah di kecamatan Mlati. Hasil Evaluasi menunjukan meningkatnya presentase anak-anak yang meraih nilai di bawah KKM daripada pada masa pembelajaran tatap muka secara penuh (konvensional).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pengelolaan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 05:50
Last Modified: 06 Dec 2022 00:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75388

Actions (login required)

View Item View Item