PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS DI SMPN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Novitasari, Desiana (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS DI SMPN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_desiana novitasari_17101241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa Inggris di SMPN 2 Wonosari. (2) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bahasa Inggris di SMPN 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di SMPN 2 Wonosari. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dilaporkan apa adanya kemudian diinterpretasikan secara kualitatif untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi profesional guru yang dimiliki guru bahasa Inggris SMPN 2 Wonosari yaitu memahamkan materi ke peserta didik, menguasai ilmu pengetahuan yang relevaan dengan bidang studinya meskipun terdapat kendala pandemi dalam proses pembelajarannya, dan mengikuti kegiatan dalam meningkatkan kompetensi profesional. (2) Peran yang dilakukan kepala sekolah dalam mengambil keputusan yaitu dengan bersikap demokratif dan tidak otoriter. Selain sebagai pemimpin, kepala sekolah bertanggung jawab atas segala hal (kompetensi guru,peserta didik, kurikulum) yang ada di sekolah agar guru bahasa Inggris dan peserta didik menyadari tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Dalam memberi bimbingan, kepala sekolah menargetkan guru bahasa Inggris untuk menyelesaikan target kurikulum serta mengutamakan komunikasi yang baik, melalui sosialisasi kepada guru bahasa ingris dan peserta didik. Tidak hanya memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan dapat dijadikan acuan untuk tahun yang akan datang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran, kepala sekolah, kompetensi profesional guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:28
Last Modified: 01 Dec 2022 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75384

Actions (login required)

View Item View Item