IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARI RUMAH PADA MASA AWAL TAHUN PANDEMI COVID-19 (Analisis Konten pada Surat Kabar Nasional dan Surat Kabar Lokal)

Manwar, Raspati Yezahra (2022) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARI RUMAH PADA MASA AWAL TAHUN PANDEMI COVID-19 (Analisis Konten pada Surat Kabar Nasional dan Surat Kabar Lokal). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_raspati yezahra manwar_14101241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan yang dihadapi oleh sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang terjadi pada masa awal tahun pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah terkait pembelajaran yang terjadi di sekolah ketika masa awal tahun pertama pandemi Covid-19 yang lebih tepatnya pada 5 bulan pertama yaitu mulai pertengahan Maretakhir Juli 2020. Subjek penelitian ini diantaranya yaitu siswa, guru, orang tua, dan kepala sekolah yang jelas mengetahui situasi yang terjadi di sekolah selama masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan coding sheet. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik content analysis. Sementara itu uji kebasahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik member check. Pada penelitian ini peneliti melakukan teknik member check dan uji kredibilitas dengan sesama rekan peneliti lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat masalah-masalah pendidikan yang terjadi di sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah ketika awal masa pandemi Covid-19. Masalah-masalah tersebut terbagi menjadi 5 kategori permasalahan yaitu permasalahan pada siswa, permasalahan pada guru, permasalahan pada orang tua, permasalahan fasilitas pembelajaran, serta permasalahan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: masalah pendidikan, pembelajaran daring, sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:55
Last Modified: 01 Dec 2022 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75382

Actions (login required)

View Item View Item