KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOADI

Faturrohim, Bayhaqi Iqbal (2022) KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOADI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_bayhaqi iqbal faturrohim_17101244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kendala serta solusi yang dihadapi pada masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data. Data dianalisis dengan metode kualitatif dengan mengacu model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Upaya kepala sekolah dalam membangun visi, misi, dan tujuan sekolah selama masa pandemi covid 19, dilakukan dengan cara memaksimalkan komunikasi secara online dan mengupayakan adanya pertemuan meskipun dalam jumlah yang terbatas (2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, dilakukan dengan cara mengkoordinasikan kurikulum, metode pembelajaran yang digunakan guru, melakukan supervisi pembelajaran dan upaya pengembangannya (3) Upaya kepala sekolah dalam mendorong iklim pembelajaran akademis, meliputi: dilakukan dengan cara melibatkan semua stakeholder sekolah, terutama selama masa pandemi ini adalah wali siswa yang melakukan pendampingan dalam proses belajar anak di rumah (4) Kendala dan solusi dalam pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19, dilakukan dengan cara menggali informasi mengenai bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan, apa saja yang menjadi kendala, apa saja bantuan yang dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan (5) Hasil pembelajaran jarak jauh siswa SD Negeri Tlogoadi mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning leadership, school principal, covid 19 pandemic, learning outcomes
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:36
Last Modified: 01 Dec 2022 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75374

Actions (login required)

View Item View Item