PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN (SNP) 008:2011 DI SMP NEGERI 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Tyas, Yuni Utamining (2021) PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN (SNP) 008:2011 DI SMP NEGERI 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yuni utamining tyas_17101241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan (SNP) 008:2011 di SMP Negeri 1 Minggir, faktor yang menghambat penyelenggaraan perpustakaan, dan solusi mengatasi hambatan penyelenggaraan perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Kepala Perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kesesuaian penyelenggaraan pepustakaan belum sesuai karena hanya standar sarana prasarana yang terpenuhi. Standar koleksi yang sesuai standar hanya satu indikator yaitu pengorganisasian bahan pustaka. Sedangkan indikator jenis koleksi, jumlah koleksi, bahan referensi, cacah ulang, dan perawatan tidak sesuai standar. Standar layanan yang sesuai standar hanya empat indikator yaitu jam buka perpustakaan, jenis layanan, laporan kegiatan layanan, dan integrasi dengan kurikulum. Sedangkan indikator program wajib perpustakaan, program pendidikan pemustaka, program literasi informasi, promosi, dan kerjasama perpustakaan tidak sesuai standar. Standar tenaga perpustakaan tidak ada sama sekali yang memenuhi indikator. (2) Faktor eksternal yaitu kemajuan teknologi. Faktor internal yaitu jumlah koleksi yang terbatas, terbatasnya sumber daya manusia, dan keterbatasan dana. (3) Solusi eksternal yaitu guru memberikan himbauan kepada siswa dan menggunakan software slims. Solusi internal yaitu membuat program gerakan menyumbang buku, rekruitmen tenaga perpustakaan, dan menambah jaringan kerjasama perpustakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Perpustakaan, SNP 008:2011
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:05
Last Modified: 01 Dec 2022 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75372

Actions (login required)

View Item View Item