PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGADAAN BARANG/JASA (PBJ) BERBASIS ONLINE DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

sulaksono, Wibowo (2021) PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGADAAN BARANG/JASA (PBJ) BERBASIS ONLINE DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_wibowo sulaksono_16101241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) peserta diklat, 2) kurikulum diklat, 3) Wisyaiswara Diklat, 4) Evaluasi diklat PBJ, dan 5) Faktor pendukung dan penghambat diklat PBJ di Badan Diklat DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola diklat dan fasilitator. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan diklat PBJ di Badan Diklat DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Peserta diklat Pelaksanaan diklat PBJ meliputi peserta berjumlah 30 orang dari PEMDA DIY yang sudah memenuhi syarat dan lolos seleksi, 2) kurikulum pelaksanaan barang jasa meliputi 37 jam mata pelajaran dan 9 materi yang masing-masing materi mempunyai bobot 1 hingga 2 jam, 3) Wisyaiswara yang terdiri dari 2 orang berasal dari Badan Diklat DIY dan Sekolah tinggi multi media “MMTC” Yogyakarta, 4) Evaluasi diklat meliputi evaluasi proses, hasil (standar kelulusan), 5) Faktor pendukung diklat PBJ antara lain sarana komunikasi yang sudah memadai, pelaksanaan diklat secara online yang sudah didukung penuh oleh LKPP dari kurikulum, media, modul, dan jadwalnya. Faktor penghambat antara lain: sistem belajar mandiri, masalah jaringan internet yang kurang memadai, dan peserta yang sudah lanjut usia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Badan Diklat DIY, PBJ, Pendidikan, Pelatihan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:55
Last Modified: 01 Dec 2022 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75371

Actions (login required)

View Item View Item