STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU HONORER DI KECAMATAN PALIYAN

Ihtisyamuddin, Hanif (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU HONORER DI KECAMATAN PALIYAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_hanif ihtisyamuddin_16101244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang menjadi keprihatinan kepala sekolah terkait profesionalisme guru honorer dan strategi kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi permasalahan seputar profesionalisme guru honorer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, dan guru honorer dari 9 sekolah dasar di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sekolah dan kepala sekolah yang diwawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Kemudian uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang menjadi keprihatinan kepala sekolah terkait profesionalisme guru honorer terdiri dari permasalahan seputar kompetensi. Yaitu adanya ketidaksesuaian antara bidang kerja dengan bisang keilmuan yang dikuasai, serta berkaitan dengan kesulitan dalam pemanfaatan teknologi. Permasalahan selanjutnya adalah seputar motivasi, dimana rendahnya pendapatan yang didapatkan mempengaruhi motivasi guru honorer. Permasalahan terakhir adalah seputar kinerja, yang berkaitan dengan kedisiplinan dan penggunaan alat peraga oleh guru honorer. Kepala sekolah melakukan beberapa strategi untuk mengatasi permasalahan profesionalisme guru honorer, diantaranya: mengikutkan guru honorer pada program diklat dari dinas maupun membuat program diklat secara mandiri, melaksanakan supervisi pendidikan, mendorong dan memfasilitasi guru honorer untuk mengikuti program sertifikasi, melaksanakan program KKG internal sekolah maupun KKG yang dilaksanakan pada tingkat Korwil dan Gugus, memberikan bantuan finansial secara langsung maupun tidak langsung, memberikan keteladanan, memberikan motivasi, menempatkan guru sesuai dengan kemampuan, menciptakan iklim kerja yang kondusif dengan cara membangun kekeluargaan dan membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar, memberikan fleksibilitas dalam jam kerja, dan memberikan keterbukaan informasi kepada guru honorer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: professionalism, honorary teacher professional development, principal leadership
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:45
Last Modified: 30 Nov 2022 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75365

Actions (login required)

View Item View Item