MANAJEMEN PROMOSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MEDIA DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Rasendria, Daffa (2022) MANAJEMEN PROMOSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MEDIA DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_daffa rasendria_18101241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen promosi layanan digital melalui media digital pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dilihat dari: (1) Penetapan peluang promosi; (2) Penetapan tujuan promosi; (3) Pengorganisasian untuk promosi; (4) Pemilihan sasaran promosi; (5) Pemilihan pesan promosi; (6) Pemilihan bauran promosi; (7) Penetapan anggaran; (8) Penerapan strategi promosi; (9) pengukuran hasil dan pengambilan tindakan korektif. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas Kepala Perpustakaan, Pj. Sistem Informasi, Pustakawan Pj. media digital. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan alat bantu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan 9 komponen manajemen promosi, secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sasaran promosi yang utama adalah sivitas akademika UMY. Perpustakaan UMY membentuk Tim Medsos Perpustakaan dan Influencer yang membantu pembuatan konten promosi layanan digital. Promosi tidak lepas dari tema edukatif dan informatif, dengan bauran terdiri atas advertising, sales promotion, personal selling, dan public relation. Promosi digital dilakukan melalui media Twitter, Facebook, Website, Youtube, Instagram dan Tiktok. Strategi promosi digital didukung anggaran berdasarkan hasil Rapat Kerja Tahunan. Evaluasi dilakukan dengan mengukur kinerja promosi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Management, Promotion, and Library
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:53
Last Modified: 30 Nov 2022 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75362

Actions (login required)

View Item View Item