Sari, Nurmalita (2022) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA SD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN MIN 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_nurmalita sari_15101241031.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manajemen kurikulum Sekolah Ramah Anak (SRA) pada SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum; dan (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kurikulum Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum; dan subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, komite, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Manajemen kurikulum SRA pada SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul meliputi (a) perencanaan kurikulum melalui tahap penetapan tim pengembang, penyusunan draf kurikulum, uji publik, pemantapan dan finalisasi kurikulum; (b) pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, pengembangan karakter, dan kegiatan sekolah; dan (c) evaluasi kurikulum melalui evaluasi kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, pengembangan karakter, dan kegiatan sekolah didasarkan pada indikator ketercapaian (capaian visi dan misi sekolah, kriteria ketuntasan belajar, dan RKT) yang melibatkan berbagai komponen sekolah. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kurikulum Sekolah Ramah Anak (SRA) pada SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul meliputi (a) proses perencanaan kurikulum dipengaruhi beberapa faktor, yakni kualitas guru, kematangan peserta didik, ketersediaan sarana prasarana, dan iklim sosial-psikologis di sekolah; (b) tiga faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum yaitu karakteristik kurikulum, strategi pelaksanaan, karakteristik pengguna kurikulum, dan peran aktif stakholder; serta (c) proses evaluasi dipengaruhi oleh faktor keterbatasan waktu dan peran aktif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curriculum Management, Child Friendly School |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 04:36 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 04:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75351 |
Actions (login required)
View Item |