STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI CORONGAN KABUPATEN SLEMAN

Rahma, Rizal Dwiki (2022) STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI CORONGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rizal dwiki rahma_17101244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kerjasama, faktor-faktor yang memengaruhi, dan hasil kemandirian belajar pada siswa di SD Negeri Corongan dari hasil kerja sama orang tua dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data. Data dianalisis dengan metode kualitatif dengan mengacu model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk kerjasama, meliputi: perencanaan metode pembelajaran yang akan digunakan, strategi kerja sama antara orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa ketika belajar dari rumah, pelaksanaannya dengan cara menjaring aspirasi dari orang tua siswa memanfaatkan media WhatsApp Group sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi kerja sama yang akan dilakukan, dan evaluasi kerjasama dilakukan dengan melihat seberapa keaktifan orang tua dan guru dalam mengupayakan komunikasi yang baik (2) faktor yang memengaruhi kerjasama, meliputi: faktor pendukung yaitu adanya semangat dan kepedulian orang tua dan guru yang terus berusaha menjalin komunikasi, sedang faktor penghambat yaitu tidak tersedianya perangkat yang memadai untuk melangsungkan kerja sama (3) Hasil kemandirian belajar, meliputi: hasil kemandirian yang belum maksimal tetapi setidaknya guru dan orang tua tetap bekerja sama untuk saling mendukung, faktor internal yaitu diri siswa sendiri yang sadar akan pentingnya belajar, dan faktor eskternal yaitu komunikasi dan kerjasama yang dibangun antara orang tua dan guru sehingga siswa akan lebih terarah dan terukur dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperation, online learning, independent learning
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:13
Last Modified: 30 Nov 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75349

Actions (login required)

View Item View Item