PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PRIMA KELAS X BUSANA B DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Rita , Hermawati (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PRIMA KELAS X BUSANA B DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pelayanan Prima Siswa kelas X busana B dengan melihat aktivitas belajar siswa dan ketercapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 2 Sleman dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.. Kelas yang terpilih adalah X Busana B karena nilai rata-rata kelas paling rendah dibanding kelas yang lain. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan dosen yang ahli di bidangnya. Dan uji reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran materi Bekerja dalam satu tim dengan menerapkan metode Role Playing, kegiatan yang dilakukan adalah: perencanaan dilakukan oleh guru berkolaborasi dengan peneliti.Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran melalui penggunaan metode Role Playing dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, sedangkan tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan metode Role Playing pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran materi Bekerja dalam satu tim pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Role Playing siswa dapat memahami materi Bekerja dalam satu tim serta adanya peningkatan hasil belajar sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70, pencapaian hasil belajar kognitif sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 43,6% atau 17 siswa yang memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian hasil belajar siswa 18% atau 7 siswa sudah memenuhi KKM, dan pada siklus kedua pencapaian hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,5% atau 24 siswa seluruhnya sudah memenuhi KKM. Uraian diatas menunjukan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat diterapkan pada mata diklat pelayanan prima dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2012 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item View Item