EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Winarsih, Nurul (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nurul winarsih_15101244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 2 Banguntapan saat pandemi Covid19. (2) Mengetahui kendala yang terjadi dalam pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 2 Banguntapan saat pandemi Covid19. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas dari pelaksanaaan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SMP Negeri 2 Banguntapan pada masa pandemi COVID-19 dan sisi-sisi positifnya sebagai penyeimbang analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik eksploratif, dengan mewawancarai perwakilan dari guru-guru dan wali murid. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran jarak jauh saat pandemi dapat dinilai efektif. Namun, tetap ada kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang tua, yaitu keterbatasan media, penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, tambahan pekerjan orang tua dalam pendampingan belajar anak, komunikasi dan sosialisasi antara siswa, guru, dan orang tua menjadi berkurang, dan durasi kerja guru menjadi tidak terbatas. Walaupun demikian, metode pembelajaran jarak jauh dapat menjadikan siswa menjadi semakin mandiri, serta kekompakkan diantara siswa, orang tua, dan guru semakin terbentuk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:54
Last Modified: 09 Dec 2022 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75333

Actions (login required)

View Item View Item