UPAYA SEKOLAH UNTUK MENGOPTIMALISASIKAN PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI SMPIT SALMAN ALFARISI SLEMAN DIY

Khasiati, Nurlita (2020) UPAYA SEKOLAH UNTUK MENGOPTIMALISASIKAN PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI SMPIT SALMAN ALFARISI SLEMAN DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nurlita khasiati_16101241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di SMPIT Salman Alfarisi Sleman DIY, faktor penghambat dan upaya sekolah untuk mengoptimalisasi peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran di SMPIT Salman Alfarisi Sleman DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini tenaga perpustakaan, kepala sekolah, guru dan siswa SMPIT Salman Alfarisi Sleman DIY. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, melalui tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di SMPIT Salman Alfarisi Sleman DIY aspek penunjang yaitu koleksi buku, koleksi buku kurikulum 2013 yang tersedia jumlahnya 44% dari total keseluruhan, layanan peminjaman yang dilakukan secara terbuka, belum terkomputerisasi serta kunjungan siswa ke perpustakaan setiap hari berkisar antara 5-10 orang, selanjutnya tenaga perpustakaan berjumlah satu orang bertugas memberikan layanan dan melakukan pengelolaan, dan pengelolaan koleksi buku dilakukan dengan memberikan nomor inventaris, memberikan label, memberikan stempel sekolah, (2) Faktor penghambat yaitu kekurangan sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana dan kurangnya strategi promosi perpustakaan, (3) upaya sekolah dalam mengoptimalisasikan peran perpustakaan dengan rekruitmen pegawai, pengajuan pegawai, pemberian kompensasi dan tunjangan, dana didapat melalui kerjasama dengan komite sekolah, sarana dan prasarana dilakukan dengan cara pembuatan set plan dan pengadaan sarana dan prasarana, strategi promosi dilakukan dengan penyebaran brosur/ leaflet, pengadaan lomba peningkatan literasi gemar membaca dan pengadaan madding, upaya selanjutnya pengelolaan bahan pustaka yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan yaitu inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, pelabelan atau penjilidan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: optimalisasi, perpustakaan sekolah, proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:37
Last Modified: 28 Nov 2022 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75316

Actions (login required)

View Item View Item