PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

ARUM , YUNIATI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar K3LH di SMK Negeri 6 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing, dengan melihat: 1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran K3LH di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 2) peningkatan hasil belajar K3LH siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta berdasarkan ranah kognitif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus secara kolaboratif dengan guru K3LH. Desain PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan alur penelitian perencanaan-tindakan dan observasi- refleksi. Subjek penelitian adalah kelas X Busana Butik 1 SMK Negeri 6 Yogyakarta sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes kognitif pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar K3LH di SMK Negeri 6 Yogyakarta, dengan melihat: 1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran K3LH telah sesuai dengan target penelitian yang ingin dicapai, terbukti pada siklus II rata- rata nilai hasil pengamatan aktivitas belajar meningkat sebesar 30% menjadi 97% dari siklus I yang perolehan rata- rata nilai hasil pengamatan aktivitas belajar masih di bawah indikator keberhasilan yaitu 75%, 2) Peningkatan hasil belajar K3LH siswa berdasarkan ranah kognitif telah memenuhi standar pencapaian Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM). Terbukti, pada pra siklus pencapaian KKM hanya sebanyak 22 siswa (61,1%). Setelah dikenai tindakan,pada siklus I siswa tuntas meningkat sebanyak 31 siswa (86,1%). Untuk memantapkan hasil belajar tersebut maka dilaksanakan siklus II. Ketuntasan pada siklus II ini meningkat dari siklus I sebesar 13,9 % sebanyak 36 siswa (100%). Rata- rata kelas yang dicapai adalah 83,9. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar K3LH di SMK Negeri 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2012 02:23
Last Modified: 29 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7530

Actions (login required)

View Item View Item