STRATEGI PEMBINAAN PESERTA DIDIK PADA ERA NEW NORMAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Nurlitasari, Wisda Ayu (2022) STRATEGI PEMBINAAN PESERTA DIDIK PADA ERA NEW NORMAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_wisda ayu nurlitasari_17101241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi beserta faktor penghambat pembinaan peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada era new normal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, waka urusan kurikulum, waka urusan kesiswaan, guru, koordinator ekstrakurikuler, guru BK, pembina Tapak Susi, Hizbul Wathan, dan Kisanakart. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Strategi perencanaan pembinaan aspek akademik dan non akademik dilakukan dengan menyusun perangkat ajar dan jadwal pembelajaran, menentukan platform, mempersiapkan sarana prasarana, meningkatkan kemampuan guru melalui pelatihan IT, menentukan pembina dan guru pendamping, dan menyusun program pembinaan 2) Strategi pelaksanaan pembinaan aspek akademik dilaksanakan melalui kegiatan kurikuler yang didukung dengan adanya kegiatan kokurikuler, sementara strategi pelaksanaan pembinaan aspek non akademik dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, program wajib hafalan surat Al-Quran, keputrian, IPM, UPJ, dan komunitas peserta didik. 3) Strategi evaluasi pembinaan aspek akademik dan non akademik terdiri atas evaluasi kegiatan dan penilaian 4) Hambatan pembinaan yakni peserta didik tidak disiplin dan tidak konsisten mengikuti pembinaan, gawai dan jaringan internet peserta didik tidak mendukung, belum adanya jadwal pelaksanaan kokurikuler, larangan selain kegiatan belajar mengajar tidak diperbolehkan dilaksanakan secara tatap muka. Upaya mengatasinya dengan mengoptimalkan peran wali kelas dan guru BK, layanan perpustakaan, serta melakukan tindakan preventif berupa ekstrakurikuler secara tatap muka dilaksanakan dengan persetujuan orang tua dan komite dan dengan protokol kesehatan ketat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, peserta didik, new normal
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:14
Last Modified: 06 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75277

Actions (login required)

View Item View Item