PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 1 MAJA DAN SMK KEHUTANAN NEGERI KADIPATEN MAJALENGKA

Miarakhman, Nauval Fauzan (2022) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 1 MAJA DAN SMK KEHUTANAN NEGERI KADIPATEN MAJALENGKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nauval fauzan miarakhman_17101244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan, pemanfaatan perpustakaan dan faktor pendukung serta penghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 1 Majalengka dan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatann kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pustakawan, peserta didik dan pendidik. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Maja dan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model interaktif miles, Huberman dan Saldana melalui beberapa langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) layanan yang aktif pada saat pandemi covid 19 di SMA Negeri 1 Maja dan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten yaitu layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan ruang baca, layanan internet dan layanan percetakan yang hanya dilakukan di SMK Kehutanan Negeri Kadipaten. Guna menanggulangi penyebaran virus covid 19 SMK Kehutanan Negeri Kadipaten menyediakan penetralisir virus dan juga penyediaan hand sanitizer serta dibatasinya jumlah pengunjung perpustakaan. (2) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Maja dan SMK Kehutanan Negeri Kadipaten digunakan oleh pendidik untuk mempersiapkan bahan pembelajaran dan oleh peserta didik sebagai sumber dalam belajar termasuk dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. (3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pada masa pandemi covid 19 yaitu, sarana dan prasarana yang mendukung, pembaharuan sistem digitalisasi perpustakaan, kerjasama antar komponen sekolah, dan kesadaran serta semangat siswa untuk mengujungi perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pada masa pandemi covid 19 yaitu pembatasan jumlah pengunjung perpustakaan, anggaran yang di realokasi dan rasa malas dari siswa itu sendiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Utilization, School Libraries, Covid 19
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:27
Last Modified: 25 Nov 2022 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75274

Actions (login required)

View Item View Item